Resep Sup Kacang Merah

 on Tuesday 27 September 2016  

Resep Sup Kacang Merah


Sudah lama sekali ya saya tidak posting resep masakan di sini. Sebenarnya kangen, tapi apa daya waktunya yang tidak ada. Waktu buat memasak dan waktu buat menulis yang tidak ada. Akhir-akhir ini terlalu disibukkan dengan les-lesan di rumah. Mumpung hari ini les-lesan agak sepi dan kerjaan rumah juga bisa ditunda (hehehe...) saya mau puas-puasing posting resep masakan. Resep masakan yang ingin saya bagikan kali ini adalah Resep Sup Kacang Merah.


Beberapa hari ini ke pasar, tetapi tidak menemukan sesuatu yang memikat hati. Kemudian ingatlah saya pada daging kurban yang sudah lama tersimpan di freezer. Daaaannnnn..... jadilah sebuah masakan sederhana Resep Sup Kacang Merah. Tenang bun, Resep Sup Kacang Merah tidak susah kok mengolahnya. Apalagi kalau bunda punya presto, tinggal presto saja dan beres. Kalau tidak punya, memang si butuh kesabaran ekstra buat merebusnnya biar benar-benar lunak.

Langsung saja deh bun disimak Resep Sup Kacang Merah nya..

Bahan-bahan Resep Sup Kacang Merah:
1/4 kg kacang merah
1/4 kg daging sapi
3 buah wortel, iris sesuai selera
8 siung bawang putih
daun bawang, sledri dan tomat secukupnya
garam dan merica secukupnya
air

Cara membuat:
1. Rebus/presto daging sapi, bawang putih dan air hingga daging lunak.
2. Angkat daging dan tiriskan, potong-potong sesuai selera.
3. Masukkan kembali daging bersama dengan kacang merah, rebus hingga kacang empuk.
4. Tambahkan garam dan merica.
5. Masukkan wortel yang sudah dipotong kecil-kecil. rebus hingga lunak.
6. Terakhir masukkan daun bawang, daun seledri dan tomat.
7. Angkat dan sajikan.

Sebuah resep sederhana yang kaya gizi sudah siap disantap oleh keluarga kita. Tidak perlu lagi khawatir dalam mengkonsumsinya, karena dijamin sehat. Kacang merah sangat kaya akan serat, jadi cocok buat yang sedang berdiet. Tetapi harus diperhatikan dagingnya juga ya. Maunya diet tapi makannya kacang cuma beberapa biji, dagingnya sepiring penuh. Hehehe... Selain kaya serat, kacang merah juga bagus buat bumil, ibi hamil. Kalau mau lebih banyak manfaat kacang merah bisa tanya-tanya ke mbah google.

Oh iya, sedikit tambahan tentang kacang merah yang dijual di pasaran. Ada 2 jenis kecang merah yang sering kita temui, ada yang dalam bentuk kering atau basah. Untuk rasa dan manfaatnya sama saja, yang membedakan hanya cara mengolahnya saja. Kalau yang basah dapat langsung kita masak, tetapi jika kita menemukan yang kering sebaiknya rendam dulu kacang merah semalaman, agar empuk.

Mungkin itu yang bisa saya share kali ini. Semoga resep kacang merahnya bermanfaan buat bunda-bunda sekalian yang lagi bingung mau masak apa hari ini. Sekian n God Bless..
Resep Sup Kacang Merah 4.5 5 Debora Tuesday 27 September 2016 Resep Sup Kacang Merah Sudah lama sekali ya saya tidak posting resep masakan di sini. Sebenarnya kangen, tapi apa daya waktunya yang tida...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.