Resep Bolu Gulung Ekonomis

 on Saturday 9 September 2017  

Resep Bolu Gulung Ekonomis

Resep Bolu Gulung Ekonomis
Resep Bolu Gulung Ekonomis

Resep Bolu Gulung Ekonomis - Beberapa kali membuat bolu gulung selalu patah ketika digulung. Awanya sempat frustasi juga dan nggak pengen lagi buat bolu gulung. Tapi gara-gara lihat saudara upload foto bolu gulung di sosial media, jadi bersemangat lagi buat mencobanya. Tanpa pikir panjang, langsung cuzz nyari resep lagi sekalian tips dan triks membuat bolu gulung ekonomis.

Ternyata selama ini kesalahan saya ada pada loyangnya. Selama ini saya membuat bolu gulung pakai loyang cake biasa. Saya baru tahu kalau loyang bolu gulung itu ada loyang khususnya. Ukurannya sama seperti loyang cake biasa, cuma tingginya yang berbeda. Loyang bolu gulung lebih pendek dari pada loyang pada umumnya. Biasanya tingginya hanya sekitar 4 cm. Ini bisa jadi salah satu tips dalam membuat Resep Bolu Gulung Sederhana. Perhatikan loyang yang digunakan.

Awal membuat sempat dag dig dug. Walau sudah mengumpulkan banyak ilmu, apalah gunanya ilmu kalau belum dipraktekkan. Dan, taraaa.... puji Tuhan jadi juga. Cuma kurang puas di bagian isiannya. Harusnya isinya butter cream atau selai, tapi berhubung saya punya banyak sisa coklat jadi saya pakai dark chocolate. Dibuang sayang ceritanya. Yah, kalau hasilnya sih jadi kurang rapi. Dark chocolate kalau kena panaskan cepat meleleh. Hehe, nggak papalah. Yang penting rasanya lembut dan gulungannya nggak pecah. Cukup buat pemuda, mungkin next mau coba lagi pakai selai aja.

Resep Bolu Gulung Sederhana

 


Bahan-bahan:
5 buttir kuning telur
1 butir telur utuh
65 gram gula pasir
40 gram tepung terigu
10 gram maizena
65 gram butter, lelehkan
1/2 sdt vanili
coklat bubuk/pasta coklat secukupnya

Isian:
selai nanas / selai coklat / selai strowberry / butter cream / maises / sesuai selera

Cara membuat:
  1. Siapkan loyang ukuran 24 x 24 x 4 cm yang diolesi margarin dan dialasi dengan kertas roti. Panaskan oven dengan suhu 200 derajat.
  2. Kocok telur dan gula pasir hingga setengah kental, kemudian masukkan vanili dan kocok hingga kental dan mengembang.
  3. Matikan mixer, masukkan tepung, maizena dan butter secara bertahap. Aduk dengan spatula hingga rata. Pastikan semua adonan rata, kalau belum rata kemungkinan cake akan bantat.
  4. Sisihkan sedikit aadonan dalam mangkuk, sisanya tuang ke dalam loyang yang sudah disediakan.
  5. campurkan adonan yang disisihkan tadi dengan coklat, aduk rata. Tuang ke atas adonan pertama tadi.
  6. Oven kurang lebih 15 menit, atau sampai matang. Angkat.
  7. Keluarkan bolu dari loyang, letakkan pada selembar kertas roti. Beri isian, kemudian gulung sambil dipadatkan. 
  8. Dinginkan dalam posisi terbungkus kertas roti sampai bolu gulung benar-benar menjadi dingin dan siap untuk di potong. Kalau saya sekitar 1 jam.
  9. Keluarkan dari kertas roti, potong-potong dan sajikan.

Kemarin saya mencoba membuat dengan isian dark chocolate warna-warni dan hasilnya kurang memuaskan. Hehe, karena dark chocolate mudah meleleh ketika terkena panas, jadi malah belepotan meleleh ke mana-mana. Next, mungkin saya akan gunakan selai nanas saja buat isiannya. Biar perpaduan rasanya pas, rasa bolu yang manis bercampur dengan selai nanas yang manis asam.

Tips lagi dalam membuat Resep Bolu Gulung Ekonomis, setelah menggulung jangan langsung di potong. Biarkan dulu saja agar bolunya dapat menempel dan menggulung dengan sempurna. Takutnya, kalau buru-buru di potong, bolunya akan membuka. Jadi tidak cantik lagi.

Selamat mencoba, semoga resep dan tips yang saya bagikan bisa berguna. God Bless.

Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku.
Mazmur 62:5
Resep Bolu Gulung Ekonomis 4.5 5 Debora Saturday 9 September 2017 Resep Bolu Gulung Ekonomis Resep Bolu Gulung Ekonomis Resep Bolu Gulung Ekonomis Resep Bolu Gulung Ekonomis - Beberapa kali membuat bolu gulung selalu patah ket...


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.