Resep Lapis Singkong Rainbow

 on Tuesday 28 November 2017  

Resep Lapis Singkong Rainbow

Resep Lapis Singkong Rainbow
Resep Lapis Singkong Rainbow

Resep Lapis Singkong Rainbow - Sudah lama sekali tidak update blog, hehehe... Bukan karena sudah tidak pernah masak memasak lagi, tapi memang penyakit malesnya lebih kuat. Masaknya jalan terus, tapi tiap mau nulis panjang dan lebar di blog rasanya rada males. Sebenarnya masih banyak resep yang terpending buat dibagikan. Maap2.. Kali ini Resep ala Debora akan berbagi tentang Resep Lapis Singkong Rainbow.

Resep Lapis Singkong Rainbow merupakan masakan tradisional yang sudah mulai terlupakan. Kalau di daerah saya lebih terkenal dengan nama ongol-ongol atau rondo gulung. Kurang tau juga arti ongol-ongol itu apa. Kalau rondo gulung itu berasal dari dua suku kata, rondo yang berarti janda dan gulung yang berarti diselimuti. Mungkin karena rondo gulung identik dengan warna warni yang membuat warnanya menjadi cantik seperti seorang perempuan (janda) dan kemudian diselimuti dengan kelapa parut yang setengah muda. Hehehe, itu saya agak ngarang ya bun.. Kurang begitu paham juga dengan arti namanya. Tetapi biar lebih keren saja, saya gunakan Lapis Singkong Rainbow.
Resep Lapis Singkong Rainbow
Resep Lapis Singkong Rainbow

Pada awalnya, yang coba-coba bikin Resep Lapis Singkong Rainbow ini adalah mama saya buat suguhan hari ulang tahun pernikahan beliau. Hehe, maklumlah keluarga suka masak, dari pada beli tetep mending masak sendiri. Setelah disuguhkan ternyata saudara-saudara yang diundang pada suka, termasuk suamiku. Langsung deh, besoknya langsung request minta dibuatkan ini.

Buatnya sebenarnya sangat mudah, yang agak ribet itu mungkin proses pembuatan tepung singkongnya. Membutuhkan waktu yang cukup lama, karena perlu diparut dan diperas. Buat para bunda yang jarang memarut kelapa seperti saya, pasti jadi PR yang besar. Hehe, tapi jangan takut bun. Kalau kita melakukannya dengan cinta sambil mikirin suami n ditemenin si kecil pasti tidak terasa capek.

Resep Lapis Singkong Rainbow

Resep Lapis Singkong Rainbow
Bahan--bahan : 
 
::  1 kg sngkong »» parut dan peras (buang airnya) hingga menjadi tepung singkong
::  1 bungkus agar-agar putih
::  250 ml santan
::  200 gram gula pasir
::  1 bungkus kecil vanili
::  Pewarna makanan merah, kuning serta hijau
::  100 gram kelapa setengah tua setengah muda »» parut dan kukus, untuk taburan

 Cara membuat :
  1. Campurkan semua bahan kecuali kelapa parut. Aduk hingga benar-benar rata.
  2. Bagi menjadi 3 bagian, beri masing masing pewarna merah, kuning dan hijau.
  3. Siapkan kukusan, kukus setiap lapis secara bergantian.
  4. Pertama kukus yang warna hijau kira-kkira 10 menit, tuang yang warna kuning di atas yang warna hijau. Kukus kembali 10 menit. Terakhir tuang adonan warna merah, kukus 20 menit.
  5. Angkat dan sajikan dengan ditaburi atau dilumurin kelapa parut.
Selamat mencoba. God Bless..

Resep Lapis Singkong Rainbow 4.5 5 Debora Tuesday 28 November 2017 Resep Lapis Singkong Rainbow Resep Lapis Singkong Rainbow Resep Lapis Singkong Rainbow Resep Lapis Singkong Rainbow - Sudah lama sekali tidak update blog, hehehe....


No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Debora Dwi. Powered by Blogger.